Cara Praktis Mengetahui Awal Ramadhan

Banyak cara untuk mengetahui awal puasa Ramadhan, diantaranya dengan cara Rukyatul Hilal dan ada pula penentuan awal bulan dengan memakai ilmu hisab baik yang model lama atau yang menggunakan data Ephemerees. Namun, pada kesempatan kali ini admin akan membahas cara mengetahui awal bulan Ramadhan dengan cara lain, selain praktis hasilnya juga jitu.
Cara ini bisa anda temukan pada kitab Hayatul Hayawan yang ditulis oleh Imam Dlamiri dan pada kitab Aja'ibul Makhluqad karangan Syaikh Imam Zakaria bin Muhammad Haman, jilid I /128 dimana pada halaman tersebut dijelaskan : Jika ingin mengetahui awal (tanggal 1) bulan Ramadhan, maka lihatlah awal Ramadhan tahun sebelumnya, lalu hitunglah sampai hari yang kelima, maka hari yang kelima ini adalah awal Ramadhan yang akan datang. Contoh : Ingin mengetahui Awal Ramadhan tahun 1435 H / 2014 M, maka lihatlah awal Ramadhan tahun 1434 H / 2013 dan kita tahu awal Ramadhan tahun 1434 H / 2013 M dulu terjadi pada hari Rabo kemudian kita hitung mulai hari Rabo sampai hari yang kelima dan hari kelima jatuh pada hari Minggu. Dari ini kita tahu bahwa Awal puasa Ramadhan tahun 1435 H / 2014 M akan terjadi pada hari Minggu.
Gimana apa sudah paham? demikian apa yang telah disampaikan oleh Imam Dlamiri dalam karangannya "Ajaibul Makhluqat, jilid I /128.
Jika masih belum paham atau ada yang mau didiskusikan tentang cara praktis mengetahui awal Ramadhan diatas, silahkan masuk ke Forum Diskusi disini agar kita saling kenal dan saling berbagi pengalaman.